Rabu, 14 Maret 2012

5 Kenikmatan Yang Patut Kita Syukuri

 Allah menciptakan makhluknya secara berpasang pasangan, manusia sebagai makhluk yang paling sempurna dari semua makhluknya bahkan hewan pun Allah ciptakan dengan berpasang pasangan. Kenapa manusia sebagai makhluk sempurna?  Karna di dalam diri manusia telah Allah ciptakan akal dan pikiran yang makhluk lain tidak mempunyainya. Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna tetapi kenapa masih ada saja yang melawan kodratnya, melawan ketentuan yang telah Allah berikan.


Ada yang suka laki laki dengan laki laki, ada yang suka antara perempuan dengan perempuan bahkan ada juga yang merubah kodratnya. Laki laki ingin menjadi perempuan dan sebaliknya ada juga yang perempuan ingin menjadi laki laki. Manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna mempunyai akal sehat dan pikiran tetapi kenapa masih ada saja yang melanggar kodratnya.

Kenikmatan yang tanpa kita sadari padahal kenikmatan itu sangat luar biasa adanya, contohnya adalah panca indra yang kita miliki.
  •  Indra Penglihatan
Bagi mereka yang memiliki indra penglihatan yang normal patut bersyukur karna dengan indra penglihatan yang kita miliki kita bisa melihat betapa indahnya ciptaan Allah, gunung gunung yang menjulang, lautan yang menghampar luas, indahnya malam yang bertaburan bintang di angkasa dan bulan benderang. Diluar sana masih ada segelinciran orang yang tidak bisa melihat keagungan Allah , kita yang mempunyai indra penglihatan yang normal patut bersyukur atas karunia yang Allh berikan dan menggunakannya sesuai dengan perintah Allah. Allah memberi kita indra penglihatan untuk membaca kitak suci Al-Quran dan melihat yang sepantasnya untuk dilihat dan terkadang kita lupa akan mensyukuri nikmat ini.

  • ·    Indra Pendengaran
Selain indra penglihatan masih ada indra pendengaran, dengan indra pendengaran ini kita bisa mendengarkan apabila ada orang yang berbicara kepada kita, bisa mendengar berita berita yang bagus untuk telinga kita dikala pikiran sedang ruwet atau stress kita juga bisa mendengarkan musik yang kita sukai dengan indra pendengaran kita. Kenikmatan ini merupakan anugerah yang besar dari Allah SWT. Dan tanpa kita sadari kita jarang mensyukurinya, diluarsana mungkin masih ada orang yang pendengarannya kurang normal kita yang mempunyai indra pendengaran yang normal gunakanlah sesuai dengan perintah Allah. Indra pendengaran yang Allah berikan ini  untuk mendengarkan Adzan, mendengarkan bagusnya alunan kitab suci Al-Quran,  mendengarkan berita berita yang baik, mendengarkan yang sepantasnya didengarkan oleh indra pendengaran atau telinga kita dan terkadang kita lupa akan mensyukuri nikmat ini.

  • ·    Indra Penciuman
Selain panca indra  diatas masih ada lagi indra yang lain yakni indra penciuman. Dengan indra penciuman ini manusia bisa merasakan harumnya parfum yang dipakainya, bisa merasakan harumnya masakan sang bunda atau sang istri apabila yang sudah berkeluarga, menghirup udara segar di pagi hari,  bisa merasakan baunya kentut he…..he……he….he….he… Manusia diberikan indra penciuman oleh Allah SWT untuk digunakan dengan sebaik baiknya jangan sampai indra ini disalahgunakan seperti untuk menghisap sabu sabu dan ganza dan terkadang kita lupa akan mensyukuri nikmat ini.

  • ·         Indra Peraba
Masih ada indra yang lainnya selain indra yang ada di atas yakni indra peraba. Maha besar Allah yang telah menciptakan manusia dengan sangat sempurna. Dengan indra peraba ini manusia bisa merasakan halusnya kulit, bisa merasakan dinginnya air, bisa merasakan panasnya api. Indra peraba ini juga bisa kita jadikan contoh bagaimana kita merasakan panasnya api di dunia. Kita sebagai umat Islam percaya akan adanya hari akhir, akan adanya akhirat, dan akan adanya surga dan neraka. Panasnya api di dunia pun manusia tidak bisa untuk menahanya apalagi pananya api di neraka. Dengan ini kita sebagai umat Islam yang percaya akan adanya  surga dan neraka dan untuk mencapai surganya Allah mari kita bersama sama tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

  • ·         Indra Pengecap
Yang terakhir adalah indra pengecap, indra ini dimiliki oleh salah satu organ tubuh kita. Allah SWT memberikan indra ini agar umatnya bisa merasakan manisnya gula, bisa merasakan asinnya garam. Dengan indra pengecap ini kita bisa merasakan segala makanan yang kita makan, bisa merasakan segala minuman yang kita minum. Allah SWT telah memberikan indra ini untuk digunakan dengan sebaik baiknya. Memakan makanan yang di hallalkan oleh Allah, di dunia ini masih banyak ko makanan yang hallal asalkan jangan memakan makanan  hasil nyuri aja meskipun itu makanan hallal akan berubah menjadi haram. Gunakanlah indra ini dengan semestinya dan janganlah memakan makanan yang diharamkan oleh allah dan janganlah meminum minuman yang diharamkan oleh Allah.


9 komentar:

  1. memang harus kita syukuri semuanya, jangan pernah mengeluh

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah bersyukur pada Allah atas semua karunia yang diberikannya. Semua kesempurnaan dalam tubuh ini adalah saksi dalam perjalanan saya menuju tempat peraduannya. nicepost Irfan

    BalasHapus
  3. nice posting..menngingatkan kita kembali agar kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat Allah, maaf ya fan teteh baru berkunjung ke lapak mu..keep bloging :)

    BalasHapus
  4. postingan ini mengingatkan kita untuk terus bersyukur atas segala nikmat Allah, nice post fan...maaf ya kalau teteh jarang nongol dimari, keep bloging

    BalasHapus
  5. iya, dan bukan hnya itu saja yg patut kita syukuri. bhkn setiap detak jntung itu pemberian Nya

    BalasHapus
  6. makasih sudah di ingatkan karena terkadang kita lupa untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan untuk kita ^-^

    BalasHapus
  7. Subhanallah...
    5 dari kenikmatan yang tidak terhingga jumlahnya...

    Yang namanya kenikmatan tidak terhingga banyaknya dan semua patut disukuri...

    BalasHapus
  8. sungguh aku dapat merasakan dan semoga dapat menyukurinya... amiin

    BalasHapus
  9. Jangan kita lupakan juga nikmat mengunyah dengan GIGI Betapa dengannya bisa melafalkan kata² dengan pasikh dan mengunyah makanan dengan lembut...

    BalasHapus