Senin, 18 Juni 2012

Bukan Endonesia tapi Indonesia

Negara kita adalah negara kepulauan, banyak sekali pulau yang kita punya bahkan ribuan pulau yang terpisah dari kepulauan besar seperti yang sudah kita kenal ada pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya, Maluku, Bangka Blitung dan masih banyak lagi pulau pulau yang lainnya yang mungkin belum kita ketahui. Dari itu negara kita negara Indonesia dikenal sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdiri dari beberapa pulau besar dan bersatu menjadi Negara Indonesia. Karna negara kita ini negara kesatuan jadi banyak sekali budaya yang kita punya dan beraneka ragam suku budaya, seni tradisional daerah bahkan lagu daerah pun beranekaragam. Setiap daerah di Negara Indonesia mempunyai bahasa yang berbeda ada bahasa Jawa, ada Sunda, ada Batak dan masih banyak lagi yang lainnya. Saking banyaknya ragam budaya dan bahasa di negara kita ini maka di jadikanlah bahasa pemersatu bangsa yaitu Bahasa Indonesia.

Negara kita ini Negara Indonesia kenapa banyak sekali di sekeliling kita yang menyebutkan Endonesia bukan Indonesia. Setiap pembicaraan segelinciran orang menyebutkan dalam pembicaraannya Endonesia buka Indonesia. Negara kita itu Negara Indonesia tapi ko kenapa masih aja yang menyebut dalam setiap pembicaraannya Endonesia bukan Indonesia. Saya lihat acara di televisi acara pertandingan bulu tangkis antar negara yang di selenggarakan di Indonesia, sorak teriak suara penonton yang mendukung tim nas kita yang bertanding di kanca Internasional menyebutkan Endonesia bukan Indonesia.

Disini saya kurang mengerti Endonesia sama Indonesia apakah sama atau tidak? Tapi disini sudah jelas bahwa negara kita itu adalah Negara Indonesia bukan Negara Endonesia.  Maju terus untuk Indonesiaku. Merdeka................

3 komentar:

  1. kenapa banyak yang mengucapkan Endonesia? karena ini penguca[an serapa dari Jawa kalo ga salah. maaf kalo keliru, yang penting tetap Indonesia :)

    BalasHapus
  2. ini mungkin masalah dialek saja. seperti nama Fatah yang dieja menjadi Patah. atau yang lain juga. asal tidak mengubah makna dengan mendalam, saya rasa bukan masalah besar. mari terus pupuk rasa nasionalisme kita. merdeka .... :)

    BalasHapus
  3. ini ni,yang salah tapi kaprah,alias salah tapi sudah umum digunakan...........

    BalasHapus